Beasiswa Universitas Ummul Qura Makkah

Posted by Alu Mudarris 13 April 2013 26 komentar
http://ratedoctork.com/Pictures/SchoolImages/UQU.jpg
http://ratedoctork.com
Mengenyam pendidikan perguruan tinggi hingga pascasarjana tanpa dipungut biaya apapun bahkan diberikan uang saku dan fasilitas yang memadai oleh pihak universitas adalah dambaan setiap pelajar. Terlebih lagi bisa menjadi tamu Allah dan hidup berdampingan dengan Baitullah Ka'bah di kota Mekkah, wow siapa sih ga mau? Tentu semua ini menjadi iming-iming yang amat menggiurkan bagi jutaan penuntut ilmu di dunia.

Ya, Universitas Ummul Qura Makkah memberikan beasiswa study bagi mahasiswa asing non-Arab Saudi untuk memperdalam studi agama Islam di universitas ini. Untuk kuota mahasiswa asing, universitas selama ini hanya memberikan jatah 3 mahasiswa baru tiap negara setiap kali penerimaannya. Hal ini dikarenakan Ummul Qura lebih dikhususkan bagi mahasiswa domestik. Penerimaannya pun tidak mesti tiap tahun sekali, bisa juga dua tahun sekali. Berbeda dengan Universitas Islam Madinah yang memang 80 % kuota untuk mahasiswa asing. 

Perlu diketahui bahwa pihak Universitas hanya menyediakan satu jalur menuju jenjang S1 melalui program persiapan Bahasa Arab untuk mahasiswa baru non-Arab yang ditempuh selama dua tahun. Setelah itu, akan ada seleksi bagi mahasiswa yang berprestasi untuk melanjutkan studinya pada jenjang s1. 

Salah satu cara untuk mendaftar di Universitas Ummul Qura Makkah adalah dengan jalur murosalah (pengajuan dengan mengisi formulir dan kirim berkas). Formulir bisa diunduh di sini, klik pada tulisan  طلب الالتحاق بمعهد تعليم اللغة العربية  atau Application form . 

Pendaftaran dibuka selama satu tahun, tidak ada waktu khusus (menurut kebijakan yang baru, pihak Universitas hanya menerima penyerahan berkas ba'da ramadhan setiap tahunnya). Untuk pengiriman berkas bisa dengan mengirim langsung via alamat kampus atau bisa menyerahkan sendiri atau dititipkan kepada kerabat yang sedang umroh/haji.

Mohon dimaklumi, untuk hasil penerimaan biasanya diumumkan satu tahun setelah pengajuan atau dua tahun. Ada kemungkinan juga lebih cepat atau bahkan sangat lambat. So, pantengin terus tuh update infonya via website dan email kita masing-masing.  

http://farm4.staticflickr.com/3486/3218900173_a336970523_z.jpg?zz=1
Salah satu Gerbang Kampus.
 
Fasilitas 
1. Visa Pelajar
2. Beasiswa Full selama masa pendidikan
3. Asrama yang memadai
4. Mukafaah / Uang Saku Bulanan 840 SAR
5. Tiket Pulang Pergi ke tanah air setiap musim panas

Syarat dan berkas yang diperlukan 
1. Foto copy ijazah SMA & transkrip nilai keseluruhan minimal Jayyid Jiddan /  Baik Sekali (8,00).
2. Dua surat rekomendasi dari Tokoh Masyarakat
atau Organisasi Islam dikenal.
3. Empat foto terbaru & photo kopi paspor.
4. Photo kopi akte kelahiran & Surat Keterangan Kesehatan.
5. Usia pemohon tidak boleh melebihi 23 tahun.
6. Mahram bagi
pemohon wanita (sesuai tercantum dalam formulir) yaitu seorang mahasiswa universitas atau sesama mahasiswa yang baru diterima (setahu saya ayah, kakak/adik juga boleh).
7. Pemohon harus mendapatkan izin dari pemerintah di negaranya untuk belajar di Arab Saudi.
8. Semua dokumen harus diterjemahkan ke dalam bahasa Arab atau Inggris dan disetujui oleh Kedutaan Saudi di negara pemohon.
 


Peringatan
Universitas berhak sepenuhnya atas berkas yang telah diajukan. Persyaratan tidak lengkap tidak akan diterima sejak awal.

Alamat:
Makkah - Umm Al-Qura University - Arabic Teaching Institute 
PO Box: 3712 
Telepon:  0096625562525  
Fax: 0096625542511
Email: instarab@uqu.edu.sa
https://uqu.edu.sa/ 

Jalur Alternatif 
Selain lewat jalur beasiswa reguler muntadzim, ada jalur lain yang bisa jadi alternatif ketika hasrat belajar di Ummul Qura sangat menggebu dan tak bisa dibendung lagi. Caranya dengan menjadi mustami' di Ummul Qura. Bedanya dengan muntadzim, seorang mustami' tidak mendapat mukafaah bulanan akan tetapi ia tidak dipungut biaya, berhak mendapat kartu mahasiswa dan masih disediakan asrama. Selain itu semua memiliki hak dan kewajiban yang sama sebagai seorang mahasiswa. 

Seorang mustami', ia adalah orang yang mukim (berdomisili) di Arab Saudi. Oleh karena itu, bagi yang berminat menjadi mustami' tentu harus mendapat izin tinggal/iqomah  terlebih dahulu. Iqamah ini bisa diperoleh melalui visa TKI. So, mau ga mau ya harus ngeluarin biaya yang tak sedikit agar bisa sampai di Arab Saudi, pun dengan status TKI. Inilah resiko perjuangan, kawan ^_^ ! Ya, demi menuntut ilmu di Ummul Qura. 

Saya sendiri kurang merekomendasi jalur ini. Menurut saya, lebih baik ikhtiar dulu lewat jalur beasiswa reguler, sekalian sambil mencari kesempatan lain via daftar di Universitas Islam Madinah misalnya, tentu dengan keyakinan Allah akan memudahkan langkah kita. Terus? Baru deh, serahkan semua kepada Allah.

Mengisi Waktu 
Alangkah baiknya selama menunggu hasil pengumuman Ummul Qura, ikhwah sekalian bisa manfaatkan waktunya dengan menyibukkan diri seperti mengajar, muraja'ah, dan mencari peluang-peluang studi yang lain. Tentu tak lupa pula memperbanyak sholat, syukur dan doa. Saya sarankan juga untuk tidak menggantungkan diri pada satu pilihan saja, kalau ngga Ummul Qura ngga deh. Eits, sekolah di ummul qura kan ndak jamin masuk surga, ya kan sob? Pokoknya sibukkan diri dengan hal yang bermanfaat sob, jangan nganggur deh ya, ok?:)
 
Semoga Allah mudahkan urusan antum sekalian...



TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Beasiswa Universitas Ummul Qura Makkah
Ditulis oleh Alu Mudarris
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kakustadz.blogspot.com/2012/07/cara-mendaftar-universitas-ummul-qura.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

26 komentar:

M. AdamIdriz mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
M. AdamIdriz mengatakan...

Salam, mas ustaz...
koq form nya tak ketik gk bisa ya??
ato harus tulis tangan??

qoblahu suwun sanget infonya,,
wassalm

Alu Mudarris mengatakan...

Wa'alaikumussalam warahmatullah wabarakatuh.

Ahlan ya ibnu ustadziii. Pertamax nie Ma Sya Allah! Gimana, ada problem apa? Kog saya belom paham maksud sampean ya, mungkin bisa diperjelas lg. Inbox fb juga ok. Ntar kalo dah beres kasih tahu ya.OK. MOga suksesss ya masbro..

Baarokallah fiekum

anonim mengatakan...

assalaamu'alaikum...akhi ana ingiin sekali kuliah d ummul qura, tp mslhny ana bkn trmasuk ank yg pntr...apa ada kemungkinan unt bs dterima dsn?
jazakallah kher

jejak pemuda mengatakan...

izin berbagi ya akhi..

Alu Mudarris mengatakan...

tafaddol akhi...dipermonggo sebanyak2nya..

Satri Sakti mengatakan...

'afwan mau tanya, maksudnya ini apa ya 'Pemohon harus mendapatkan izin dari pemerintah di negaranya untuk belajar di Arab Saudi' ? dan bagaimana cara mendapatkannya ? syukron,,,

andre saputra mengatakan...

abdullah hafidz
assala mualaikum
afwan pengumuman diterimanya bisa dilihat di mana ya ustadz??
jzakmllh khoirn..

Yahya mengatakan...

afean stad,, pengumuman penerimaannya kapan yaa ??

Yahya mengatakan...

dan kalau mendaftarnya ,mengajukan bwrkas2 stelah syawal bolekah ?

ahmad yuhanna mengatakan...

assalamu'alaikum ustadz...
ana mau nanya ustadz, begini sekarang kan universitas ummul quro dbuka lagi,, nah waktu saya daftar kok ada masalah dalam memasukkan nomor telponnya, (disebutkan disitu masukkan kode telpon)waktu saya masukkan kok g bisa jg..... mohon bantuannya ustadz...

Imam syafi'i mengatakan...

jazakalloh khoiron informasinya Ustadz.., mesti sering-sering kunjung nih ke blog kakustadz. ^_^
Barokallohu fikum

www.kajianummat.blogspot.com

Syauqi Muhammad mengatakan...

assalamu'alaikum ustadz, mau tanya bagaimana kalo menggunakan ijazah pondok, bukan ijazah negeri. syuron

Rizwan Hasim mengatakan...

kapan deadlinenya ustad?

nur azizah mengatakan...

kalau untuk s2 di ummul qoro' bagaimana ea?jazakumullhukhoiro

Al Faqiir mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
Al Faqiir mengatakan...

Dua tahun lamax saya menunggu pengumuman dari pihak jamiah...tak kunjung ada...semua masyayik di jamiah itu saya kontak..bahkan ketua mahad talum lughohx....tapi qodarullah...Allah menempatkan saya ditempat lain...

fatiha zahra mengatakan...

assallamm'ualaikum. ustadz ana akhwat lakin ana ingin ke sana. apa itu memungkinkan?

neny apriani mengatakan...

Assalamualaikum.. afwan, bisa minta alamat email yg bisa dihubungi gk.. syukron. Jazakumullah khair

Firman Alauddin mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh penulis.
Firman Alauddin mengatakan...

assalamualaikum maaf sebelumnya kalo pake ijazah pondok bisa ga ya soalnya kalo sma nya suasta?

terimakasih


Abdul Kholiq mengatakan...

untuk cara yang terbaru silahkan buka link ini

http://www.kabarmakkah.com/2013/12/cara-mendaftar-ke-universitas-ummulqura.html

Ayuzha Tidar Faradilla mengatakan...

program s2 untuk akhwat ada prodi apa saja ya ? boleh minta alamat email untu tanta-tanya lebih lanjut? terima kasih :))

Anonim mengatakan...

afwan ustad..........untuk ijin dari surat pemerintahh i2u,,misalkan lewat pmerintah daerah bisa gak ustad?

Alu Mudarris mengatakan...

bisa. email saya kak.ganang@gmail.com

Rindy mengatakan...

Assalamualaikum, saya dan suami sangat ingin belajar agama di mekkah, namun usia saya 26thn dan suami 27thn dan dari jurusan non-islam (psikologi), bisakah kami berkesempatan utk mendapat beasiswa di mekah/madina? mohon rekomendasi dan sarannya. jazakallaah khoiron akhi.

Poskan Komentar

Matur suwun ya sedekah komennya. Semoga mendapat balasan yang baik ^_^

credit for cara membuat email - Copyright of Alu Mudarris Blog.